Demo Blog

Skripsiku

by d0ntcry on Nov.22, 2009, under ,

thankz to


##################################################

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN,
PEMBELIAN DAN PEMESANAN BARANG PADA
CV. MANTEP CORPORATION RUBBER SURABAYA

##################################################

1.1. Latar Belakang
Ketergantungan dunia usaha terhadap komputerisasi sudah berlangsung sejak dua atau tiga dasawarsa yang lalu. Tidaklah mengherankan bila diera globalisasi dan informasi ini, komputer merupakan pendukung handal dalam kemajuan suatu perusahaan, khususnya sebagai ketersediaan dan pengembangan sistem informasi manajemen di berbagai bidang.
“CV.MANTEP CORPORATION RUBBER” adalah sebuah Perusahaan yang melayani penjualan sparepart mesin – mesin pabrik yang khusus terbuat dari karet. Sistem informasi yang digunakan dalam “CV.MANTEP CORPORATION RUBBER” belum optimal. Disebabkan adanya hambatan internal yang berhubungan dengan kualitas penyajian informasi diantaranya pendokumentasian manual, kurangnya ketepatan dan keakuratan penyajian laporan, pemrosesan informasi secara manual serta belum terkomputerisasinya antara lini pendukung kepersonaliaan. Cara manual ini seringkali menimbulkan permasalahan-permasalahan.
Permasalahan yang ada diperusahaan antara lain dalam hal kecepatan dan ketelitian pengolahan data. Pegawai harus mencari kembali berkas-berkas transaksi lama jika ingin mengetahui mengenai suatu transaksi yang pernah terjadi yang tentunya sangat memakan waktu dan tenaga, yang juga disertai permasalahan dokumen transaksi yang seringkali hilang atau rusak sehingga menimbulkan kesulitan bagi manajer dalam melakukan pemeriksaan laporan yaitu sekretaris mencatat semua order masuk ke dalam sebuah buku, dan mencatat jumlah, nama, harga, ukuran yang pernah di pesan dalam setiap transaksi ke dalam sebuah buku lain. Dalam proses penjualan maupun pembelian, pegawai harus mencatat semua transaksi dalam bentuk nota-nota. Tentu saja hal itu dapat menghabiskan banyak waktu dan tenaga, sehingga resiko hilangnya suatu nota sangatlah besar. Selain itu, pegawai tidak secara rutin memeriksa stok persediaan barang untuk mengetahui ada tidaknya suatu barang, sehingga yang terjadi adalah apabila ada seorang pelanggan hendak memesan barang maka pegawai baru akan memeriksa stok persediaan barang lalu baru dapat diketahui bahwa barang tersebut tidak ada atau ada.
Sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari interaksi-interaksi sistem-sistem informasi yang menyediakan informasi baik untuk kebutuhan manajerial maupun kebutuhan operasi dan merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen.
Dengan dilakukan penelitian ini diharapkan dapat mambantu mengatasi permasalahan dan dapat menyediakan informasi yang optimal, mempermudah dalam proses pengambilan keputusan secara tepat dalam perusahaan serta menghasilkan sistem informasi manajemen terkomputerisasi yang akurat, relevan, dan tepat waktu.


1.2. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang seperti yang telah diketahui diatas, maka dapat dirumuskan suatu permasalahan pada : “Bagaimana merancang sistem informasi penjualan, pembelian dan pemesanan barang pada CV.MANTEP CORPORATION RUBBER SURABAYA? ’’.

1.3. Batasan Masalah
Untuk memudahkan pemecahan masalah perlu dilakukan pembatasan masalah sehingga permasalahan menjadi lebih sederhana. Pembatasan masalah tersebut meliputi :

1. Pembatasan hanya pada perancangan sistem dan prosedur serta komputerisasi hanya dilakukan pada bagian yang terkait di bagian administrasi perusahaan yang menangani pencatatan penjualan, pembelian dan pemesanan barang saja.
2. Harga satuan dan jenis barang ditentukan oleh perusahaan.
3. Analisa penyempurnaan sistem informasi tidak dilakukan dari segi kelayakan ekonomi (analisa kuantitatif) tapi hanya menilai dari keuntungan – keuntungan yang diperoleh dengan diterapkannya sistem informasi yang dirancang.
4. Tidak dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas pada verifikasi system
5. Tidak dilakukan uji normalisasi pada perancangan database.


1.4. Tujuan Penelitian
Penelitian ini mempunyai tujuan antara lain :
Merancang sistem informasi manajemen dibagian administrasi perusahaan secara terkomputerisasi dalam pencatatan transaksi penjualan, pembelian dan pemesanan barang sehingga dapat menghasilkan informasi yang akurat , tepat waktu , relevan.

1.5. Asumsi-asumsi
Asumsi-asumsi yang mendasari terhadap permasalahan dalam penelitian ini adalah :

1. Data penjualan sparepart mesin – mesin pabrik yang khusus terbuat dari karet ke customer sudah siap diproses
2. Data pembelian bahan baku sudah tersedia
3. Data return penjualan barang sudah tersedia
4. Data pemesanan barang sudah tersedia
5. Database yang digunakan sesuai spesifikasinya dan perangkat untuk pengembangan sistem sudah tersedia, baik perangkat lunak, perangkat keras maupun operatornya.
6. Perhitungan biaya operasional dan pemeliharaan sistem tidak dilakukan.


Download File : ** silakan pm ^^
0 komentar more...

0 komentar

Looking for something beib?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!